Kenapa pH Tanah Penting?

Tanah di Tangan

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah pH Tanah. Anda mungkin juga mungkin pernah mendengar beberapa orang mengatakan bahwa menguji pH tanah itu tidak diperlukan. Dalam beberapa kasus memang tidak apa-apa, terutama dengan tanah subur seperti di Indonesia. Tetapi jika pH tanah sedang dalam keadaan tidak normal, bagaimana agar anda tahu bahwa pH tanah sedang tidak normal? Anda dapat mengetahuinya dengan menggunakan alat pengukur pH Tanah.

Istilah “pH” adalah istilah yang digunakan untuk mengukur keasaaman. Dalam hal bercocok tanam dan berkebun, tingkat keasaaman tanah akan mempengaruhi pupuk dan nutrisi yang terkandung di dalam tanah. Pupuk yang anda gunakan juga akan sia-sia jika pH tanah tidak dalam keadaan normal. Untuk pH normal sayuran berkisar antara 6.2 sampai 6.8, sedangkan untuk tanaman buah dan bunga biasanya berada disekitar 7.0, atau biasa disebut netral.

Untuk meningkatkan pH tanah, anda dapat menambahkan kapur dolomit di tanah sekitar tanaman. Sedangkan untuk menurunkan pH tanah, anda dapat menambahkan belerang atau sulfur (lebih mudah dalam bentuk bubuk atau serbuk) di tanah sekitar tanaman.

Periksa pH tanah anda sekali dalam setahun dan ketika sedang dalam pergantian cuaca. Karena perubahan cuaca juga mempengaruhi perubahan ph Tanah.