Blog

Berisi artikel-artikel mengenai tanaman buah

Alpukat Di Daerah Lamongan

Posted at 16 November 2012 | By : | Categories : Blog | 0 Comment

Alpukat Di Daerah Lamongan

Kalau bicara Alpukat, asumsi kita adalah buah dari kota daerah Malang, Magetan, Mojokerto,dan daerah dingin lainnya.

Tapi Di Daearah Lamongan pun BISA. Begini Ceritanya, Saat perjalanan mudik…dan saat berhenti sejenak disebuah toko di Kecamatan Sambeng, tepatnya dekat pasar Sambeng untuk membeli Air minum mineral, sambil menunggu istri membayar minuman, iseng iseng melihat sebidang tanah disebelah toko. Wuihh… ada sebuah pohon sebesar paha yang digelayuti buah bergelantungan. Dan itu adalah pohon buah Alpukat.

 

Pemilik toko yang notabene juga pemilik pohon yang bernama Bu Kardi mengatakan : “Itu ndak seberapa Mas, kalau musim hujan buahnya lebih lebat lagi dan besar besar”. Segitu lebatnya dibilang ndak seberapa ……… waahh ?? .  Dan ternyata tidak hanya Bu Kardi saja yang menanam pohon ini, penduduk sekitar juga banyak yang menanam tanaman ini walaupun tidak banyak.

Saya jadi ber andai andai. Andaikata ada kepedulian dari……. untuk membudidayakan tanaman ini, tentu saja dengan varietas lain yang lebih unggul misalnya, Alpukat Kendil, Alpukat Florida, Alpukat Miki Australia, dll,  tentu tanah tanah yang dibiarkan terbengkalai dengan semak semak liar akan jadi kebun alpukat dan akan menjadi nilai tambah bagi masyarakat sekitarnya. Dan tentunya lagi akan ada ikon lagi bagi Lamongan, disamping daerah penghasil ikan juga penghasil buah buah-an. Khususnya Alpukat. Semoga.

Catatan

“ Kebon Ijo ” Nursery 3 tahun yang lalu sudah memulai dengan menanam 500 batang pohon Srikaya Jumbo Australia ( Srikaya Rafi ) dan                350 pohon Klengkeng Diamond River di Kandang Semangkon Kecamatan Paciran. ( Bibit dikembangkan dari indukan yang diperoleh dari         “SATYA PELITA” Demak.) . Lets, go Green Lamongan.

Leave a Comment